Peningkatan Kualitas Guru
Guru
yang memiliki posisi yang sangat penting dan strategi dalam pengembangan
potensi yang dimiliki peserta didik. Pada diri gurulah kejayaan dan keselamatan
masa depan bangsa dengan penanaman nilai-nilai dasar yang luhur sebagai
cita-cita pendidikan nasional dengan membentuk kepribadian sejahtera lahir dan
batin, yang ditempuh melalui pendidikan agama dan pendidikan umum. Oleh karena
itu harus mampu mendidik diberbagai hal, agar ia menjadi seorang pendidik yang
proporsional. Sehingga mampu mendidik peserta didik dalam kreativitas dan
kehidupan sehari-harinya. Untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dalam
pembelajaran, perlu ditingkatkan melalui cara-cara sebagai berikut:
1. Mengikuti
Penataran
2. Mengikuti
Kursus-Kursus Pendidikan
3. Memperbanyak
Membaca
4. Mengadakan
kunjungan ke sekolah lain (studi komperatif)
5. Mengadakan
Hubungan Dengan Wali Siswa
Peningkatan
Materi
Peningkatan
materi perlu sekali mendapat perhatian karena dengan lengkapnya meteri yang
diberikan tentu akan menambah lebih luas akan pengetahuan. Hal ini akan
memungkinkan peserta didik dalam menjalankan dan mengamalkan pengetahuan yang
telah diperoleh dengan baik dan benar. Pendidik harus menguasai materi dengan
ditambah bahan atau sumber lain yang berkaitan dan lebih actual dan hangat. Sehingga
peserta didik tertarik dan termotivasi mempelajari pelajaran.
Peningkatan
dalam Pemakaian Metode
Yang
dimakud dengan peningkatan metode disini, bukanlah menciptakan atau membuat
metode baru, akan tetapi bagaimana caranya penerapannya atau penggunaanya yang
sesuai dengan materi yang disajikan, sehingga mmperoleh hasil yang memuaskan
dalam proses belajar mengajar. Pemakaian metode ini hendaknya bervariasi sesuai
dengan materi yang akan disampaikan sehingga peserta didik tidak akan merasa
bosan dan jenuh atau monoton. Dalam penyampaian metode pendidik harus
memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Selalu
berorientasi pada tujuan
2. Tidak
hanya terikat pada suatu alternatif saja
3. Mempergunakan
berbagai metode sebagai suatu kombinasi, misalnya: metode ceramah dengan tanya
jawab.
4. Memanfaatkan
teknologi untuk menciptakan metode pembelajaran yang bervariatif dengan
menggunaan berbagai media pembelajaran.
Peningkatan
Sarana
Sarana
adalah alat atau metode dan teknik yang dipergunakan dalam rangka meningkatkan
efektivitas komunikasi dan interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik
dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Dari segi sarana yang perlu
diperhatikan adalah sebagai berikut:
1. Mengerti
secara mendalam tentang fungsi atau kegunaan media pendidikan
2. Mengerti
pengunaan media pendidikan secara tepat dalam interaksi belajar mengajar
3. Pembuatan
media harus sederhana dan mudah
4. Memilih
media yang tepat sesuai dengan tujuan dan isi materi yang akan diajarkan.
Peningkatan
Kualitas Belajar
Dalam
setiap proses belajar mengajar yang dialami peserta didik selamanya lancar
seperti yang diharapkan, kadang-kadang mengalami kesulitan atau hambatan dalam
belajar. Kendala tersebut perlu diatasi dengan berbagai usaha sebagai berikut:
1.
Memberi Rangsangan
Minat belajar seseorang
berhubungan dengan perasaan seseorang. Pendidikan harus menggunakan metode yang
sesuai sehingga merangsang minat untuk belajar dan mempelajari baik dari segi
bahasa maupun mimik dari wajah dengan memvariasikan setiap metode yang dipakai.
Dari sini menimbulkan yang namanya cinta terhadap bidang studi, sebab pendidik
mampu memberikan ransangan terhadap peserta didik untuk belajar.
2. Memberikan
Motivasi Belajar
Motivasi adalah sebagai pendorong
peserta didik yang berguna untuk menumbuhkan dan menggerakkan bakat peserta
didik secara integral dalam dunia belajar, yaitu dengan diambil dari sistem
nilai hidup peserta didik dan ditujukan kepada penjelasan tugas-tugas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar